27 Jurus Mapan Finansial
27 Jurus Mapan Finansial
Buku ini membahas tentang 27 cara atau jurus mapan finansial dari berbagai aliran baik konvensional maupun syirkah. Bahasa yang mudah dipahami dan bisa langsung praktik. Tanpa tapi tanpa nanti.    

Intermezzo : Review buku ini juga tersedia dalam bentuk digital audio, isi konten lebih padat. Kamu bisa mendengarkanya dengan klik 3 Jurus Krusial Milenial Mapan Finansial

 

Judul Buku : 27 Jurus Mapan Finansial

Halaman : 242 Halaman

Kesimpulan : Buku ini membahas tentang 27 cara atau jurus mapan finansial dari berbagai aliran baik konvensional maupun syirkah.


1 . CARA MENABUNG

cara menabung
Pict by google.

Cara menabung versi buku ini ada 3 :

*Puasa dan fokus atur pengeluaran.

Puasa di sini ku artikan sebagai menahan hawa nafsu dan mengurangi kebiasaan-kebiasaan konsutif menjadi kebiasaan yang produktif. Sedangkan fokus atur pengeluaran, kita harus benar-benar fokus atur pengeluaran. Catatlah setiap rupiah yang keluar dan masuk. Jangan diremehkan. Walau mungkin pada sebagian orang hal ini lebay. Ya, silakan. Tetapi, ketika kita fokus atur pengeluaran kita bisa mengetahui uang yang masuk dan keluar dan kita bisa kurangi pos-pos yang sekiranya mengeluarkan pengeluaran yang besar. Kalau semisal lagi ribet kamu bisa catat dulu di catatan handphone. nanti, ketika sudah sampai rumah kamu bisa list di catatan keuangan kamu dengan begitu kamu bisa analisis keuangan kamu dan melakukan perencanaan keuangan. Aku pakai aplikasi To do List widget untuk membantuku mencatat keuangan saat aku lagi ribet banget. Aplikasi ini bisa dijadikan widget di layar handphone kita. (FYI ini versi android yes. Bagi yang user ios silakan cari sendiri. Hehehe) Kayak begini bentuk widgetnya.

Jurus Mapan Finansial

DOWNLOAD 30 HARI CATATAN KEUANGAN

*Investasi.

Dont put all your eggs in one basket. Jangan masukan semua telurmu dalam satu keranjang. Jangan masukan semua uangmu dalam satu investasi. Kamu bisa membaginya ke beberapa investasi, semisal : Trading, properti, emas dan bisnis.

*Tunda kesenangan.

Fokus hidup. Bukan gaya hidup.

Ada quote bagus bilang..

Hidup itu sederhana kok yang membuat rumit adalah gaya hidup.

Bener. Dan aku sangat setuju. Hidup itu memang sederhana yang membuat rumit adalah gaya hidup.
Sebenarnya ya, untuk mengenyangkan satu perut orang dalam seminggu itu dengan 20ribu, cukup. Walau gak bisa dipukul rata antara kebutuhan satu orang dengan yang lain. yang membuat ga cukup itu gaya hidupnya. yakali. 20ribu gak akan pernah cukup kalau kamu buat nongkrong di kafe dan makan di tempat mahal.

Hal yang membuat bangkrut
Pict by Google.

Sebenarnya kebiasaan itu sah-sah aja kok dengan dalih menikmati hidup atau reward bagi diri kita setelah bekerja keras. Tetapi, ingat di awal kita harus pastikan bahwa kita telah siapkan dana untuk menabung atau investasi.

 

Menabung memang hal yang nggak ngenakin banget. Kenapa? Saat teman-teman hedon, gibah ini-itu, kita nggak bisa meniru mereka. Saat yang lain hura-hura, kita puasa. Saat yang lain liburan, kita fokus atur pengeluaran. Tapi, percaya deh. InsyaAllah. Aku dan kamu akan jaaaauh lebih sejahtera dibandingkan dengan teman-teman yang hedon.


2 . RESIKO INVESTASI

INVESTASI
Pict by Google.

Ada 3 prinsip dalam investasi : 

High Risk, High Return.

Low Risk, Low Return.

No Risk, No return.

Tiap investasi potensi keuntungan dan kerugiannya itu berbanding lurus. Kalau kamu mau dapat untung besar kamu harus berani investasi besar pula. Clear?

 

Investasi yang tepat.

Investasi yang tepat ada 4 : Properti, emas, saham, sektor riil.

Ingat: Emas tidak membuat kita kaya. Emas membuat kita teeeetaaaap kaya.

pada sekotor riil carilah yang amanah dan sesuai bidang yang kamu geluti atau ketahui seluk beluknya. Semisal : Kuliner, peternakan, perkebunan, pertanian.


3 . TIDAK MELAKUKAN PISAH KEUANGAN.

Ketahuilah bahwa jika kita ingin berbisnis atau berinvestasi kita harus disiplin untuk memisahkan keuangan. Karena uang yang tercampur antara pribadi, bisnis dan investasi akan membuat menjadi kurang efektif dan efisien, tidak terarah, terukur dan perhitungan akan jadi kurang tepat. Bisa jadi uang yang seharusnya di alokasikan pada bisnis atau investasi tertentu menjadi pemakaian pribadi. Nah, hal ini tentunya akan jadi masalah dan membuat kita kehilangan uang atau bangkrut. So, pisahkan uangmu dan masukan uang-uangmu pada pos-pos yang semestinya.


4 . PENGELOLAAN KEUANGAN BERWIRAUSAHA.

Ada 3 sumber dana yang bisa kamu gunakan untuk berwirausaha :

  1. Modal sendiri.
  2. Modal usaha.
  3. Pinjaman

Laporan keuangan :

  1. Tahu laba dan rugi
  2. Ada tolok ukur keberhasilan. Efektif dan efisien.

5 . INVESTASI NABI YUSUF. (QS. 46-49)

27 jurus investasi
Pict by Google.

Growth. Kerja semakimal mungkin. Ambil secukupnya, simpan yang banyak.

Protection. Disimpan, lalu di investasikan.

Distribusikan. Menjadi manfaat banyak orang dan jadi sedekah.

Selamat dunia akhirat.


6 . 5 PEMBUNUH KERJASAMA

Kerjasama
Pict By Google.

*Kompetensi Bisnis. 

Dalam berbisnis kita harus riset dulu. Nggak boleh asal berbisnis. Asal berbisnis hanya akan membuatmu bangkrut.

terjunlah ke lapangan dan lakukan riset sebelum membangun bisnis.

*Tidak Amanah.

Saat bekerja sama kita harus amanah. Pengusaha itu modal utamanya adalah integritas. Amanah levelnya sudah di atas jujur. Amanah di sini diartikan menempatkan segala sesuatu sesuai haknya. Ketika seorang pengusaha tidak memiliki integritas maka tidak akan ada satupun yang percaya dan bekerjasama.

*Tidak Transparan dan Tidak Sevisi.

Segala sesuatu haruslah transparan, jelas dan detail apalagi masalah keuangan dalam bekerjasama. Transparan adalah modal utama kelanggengan kerjasama.

Tidak sevisi. Menyamakan isi 2 kepala orang memang sulit. Maka, harus ada yang dipimpin dan memimpin dengan adanya kejelasan visi yang ingin dicapai maka kerjasama akan berakhir dengan baik.

*MoU harus Jelas.

MoU haruslah jelas. Karena MoU menjelaskan tentang detail laba dan rugi. Banyak orang yang menyepelekan di awal sehingga ketika terjadi crash diperjalanan kerjasama akan menciptakan perselisihan di antara mereka. Biasanya hal ini lah yang akan membuat teman menjadi saling bermusuhan.

*Investor Bodoh.

Jika ingin mencari investor untuk bisnis atau kerjasamamu, carilah investor yang paham betul tentang arti investasi dan profesional. Jangan asal dilihat wahhh, nih orang duitnya banyak, aku jadikan target investor ah. Nanti, kalau kamu paksakan dan terjadi crash ditengah perjalanan akan terjadi masalah besar. Apalagi jika ada kerugian dan dia nggak bisa menerima, kamu bisa di tuntut.

You get it?


7 . THINK TWICE. PIKIR 2X SEBELUM FOYA-FOYA.

Pikir 2x agar tidak hedon
Pict By Google.

Pikir 2x sebelum foya-foya atau mau melakukan hal lain.

  1. Butuh atau ingin? Karena banyak orang berbelanja dia hanya ingin, bukan butuh.
  2. Penting atau mendesak. Jangan mudah dirayu oleh diskon. Biasanya diskon-diskon yang mendesak ini akan membuatmu menjadi lupa dan menghabiskan uang-uang yang sudah kamu tabung.
  3. Tahu prioritas hidup.
  4. Tahu diri dan jangan maksa. Zaman now banyak sekali yang ingin terlihat mewah. Baru dapat gaji hilang dalam sekejap. Baru dapat gaji langsung bingung mau dibelikan handphone baru, jaket, tas. Kebiasaan ini membuat dompet jadi taraf pas-pas’an. Lebih baik terlihat gembel tapi tabungan penuh. Daripada terlihat kaya tapi tabungan aja nggak punya. hehe

8 . 4 JURUS ANTI MISKIN

Anti miskin
Pict By Google

*Pisahkan keuangan.

Pisahkan keuangan pribadimu dengan bisnismu. Jangan kamu jadikan satu antara keuangan pribadi dan keuangan bisnismu. Nggak masalah jika harus daftar dan memiliki banyak akun rekening di bank. Hal ini akan memudahkanmu dalam melakukan perencanaan keuangan. Dan kamu nggak akan tergiur untuk menggunakan dana lain selain dari keuangan pribadimu.

*Bergaya sesuai isi dompet.

Bergayalah sesuai isi dompetmu. Jangan kamu paksakan bergaya tetapi menyisahkan minus bahkan hutang. hehehe.

Minus atau hutang akan membuatmu menjadi semakin miskin.

*Investasi leher ke atas.

Belajarlah dari orang-orang yang sudah sukses dan telah terbukti hasilnya.

*Investasi yang menjanjikan.

Investasi yang menjanjikan ada 2. yakni : Tanah dan Franchise


9 . FEEDBACK

Feedback Litadelapan
Pict By Google.

Untuk partisipasi silakan berikan komentar atau pun pertanyaan mengenai artikel di atas melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa berikan review dan rate anda untuk blog ini ya :). Klik link REVIEW BLOG LITADELAPAN. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rate this review:

Open chat
1
Hola!
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ada yang bisa saya bantu?

Silakan tinggalkan pesan dan mohon menunggu beberapa saat.