6 ALASAN KENAPA HARUS BUAT BLOG!

6 Alasan kenapa harus membuat blog
Pict by google.

Hola! Bismillah. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Allahuma solli ala sayyidina Muhammad.

Demi #2020Lebihbaik saya buat blog (lagi).

Sebenarnya saya memulai blog sejak kelas VIII SMP. Saat itu ada mata pelajaran TIK dan materinya membuat blog. Saya mulai tertarik di blog hanya karena dulu ada aplikasi bisa memberi makan ikan di blog, bukan untuk menulis. Hehehe. Asik sekali rasanya saat itu main blog. Dan, dari mata pelajaran TIK itu saya jadi mengenal blog. Walau masih asal-asal membuat dan menggunakan blog. Terima kasih, SMP Hang Tuah 1.

Tahun ini 2020 saya putuskan untuk membuat blog dengan baik, benar dan profesional. Tidak asal-asal’an. Walau mungkin terkesan terlambat sekali. Dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Tapi, saya rasa tidak ada kata terlambat karena semua punya zona waktunya masing-masing. Ya… mungkin untuk saya butuh waktu 12 tahun dulu baru bisa benar-benar menyadari kenapa harus membuat blog? Apa tujuannya? Dan, bagaimana caranya. Tidak sesimpel dan semudah aslinya. Ternyata membuat blog dengan baik, benar dan profesional itu ribet sekali, memakan banyak waktu, tenaga dan biaya. Tapi, dari sini saya jadi tahu dan belajar hal baru, cara membuat blog dengan baik, benar dan profesional.

6 ALASAN MEMBUAT BLOG!

1 . BLOG ITU GRATIS, BRO!

Ya! Blog itu bisa dibuat dengan gratis. Selayaknya twitter, facebook, instagram, dll. Membuat blogger gratis klik link cara membuat blog gratis. So, tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat blog. 🙂 Tertarik dengan website ini? Mau buat blog seperti tampilan di website ini? Silakan kontak WhatsApp .

2 . MENAMBAH PAHALA

Dilansir dari NUOnline Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bersabda: “Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.” Maka, coba bayangkan. Ketika kita membuat blog, kita menulis sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi seseorang apalagi tulisan kita bisa menjadi wasilah seseorang itu berubah ke arah yang lebih baik maka pahala kita akan bertambah. Lalu, seseorang itu menginspirasi orang lain. Daaaan seterusnyaaaa. Wah! sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Semisal lagi, bayangkan ketika kita hanya menulis bismillah, salam, dan sholawat. Lalu, blog kita dibuka dan dibaca orang. Wah! Pahala lagi. Dan, blog tidak akan pernah mati kecuali Kuasa Rabb yang menonaktifkan. Kalaupun penulis sudah mati, dia akan tetap abadi bersama aksaranya. Blog akan selalu bisa dibuka.

Maka, postinglah something yang bermanfaat dan menginspirasi.

Sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi akan menjadi pahala jariyah. Pun sebaliknya, posting maksiat akan jadi dosa jariyah. Huallahualam.

3 . DEAR DIARY!

Terlalu banyak media sosial yang bisa digunakan untuk menulis. Tapi, saya lebih prefer ke blog. Menulis di Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, saya rasa kurang efektif karena mereka terbatas. Di Blog kita bisa menulis sepanjang jalan kenangan tiada henti. Haha. Kita juga bisa mendesain diary digital kita sesuka hati dan mencari tulisan yang ingin kita baca hanya tinggal klik search, mundul deh.

4 . ASAH SKILL MENULIS

Salah satu menjadi penulis terbaik adalah dengan menulis! Haha

Tidak dipungkiri bahwa menulis adalah skill. Habit. Tidak bisa dibangun dengan sehari, dua hari. Butuh proses panjang bahkan hingga sampai saat ini dan selamanya, saya yakin 100%. Saya ataupun anda yang membaca masih terus berlatih cara menulis dengan baik dan benar.

Menulis di blog adalah salah satu cara untuk mengasah skill menulis.

Dan, hal ini terbukti loh. Raditya Dika, Agus Mulyadi mengawali karir sebagai penulis dengan membuat blog.

5 . SIMPAN PORTFOLIO

Tahun 2019 saya di kontak oleh salah satu penulis di Indonesia yang sudah menerbitkan banyak karya baik Indie maupun Mayor. Buku-bukunya berjajar di rak-rak Gramedia dan beliau meminta portofolio tulisan saya.

Betapa bingungnya saya waktu itu. Iya! bingung! File portofolio tulisan saya berserakan di mana-mana. Terlalu banyak file dan folder di komputer jinjing saya. Walaupun menggunakan search tools tetap sulit ditemukan. Alhasil saya pun harus mencarinya satu persatu dan pelan-pelan. Alhamdulillah bisa diketemukan walau butuh waktu agak lama. Selang beberapa jam, setelah saya mengirimkan portofolio saya. Beliau memberikan pesan singkat melalui whatsapp dan menawarkan untuk menjadi bagian TIM Ghostwriter di PT Pembangkit Jawa Bali.

Nah, dengan adanya blog akan memudahkan kita untuk menyimpan tulisan-tulisan kita menjadi portofolio yang mudah dicari, dibagikan dan dibaca oleh orang lain.

6 . MELEK IT

Saat kita membuat blog kita akan dipaksa untuk melek IT. Bagaimana tidak, blog adalah media informasi dan komunikasi dalam bentuk digital. Menulis di blog bukan hanya menulis biasa seperti menulis di smart journal . Kita dipaksa untuk harus memahami mekanisme, optimalkan konten, widget, template, dashboard, metode penulisan, heading, dll.

Nah, sekarang sudah tidak ada lagi alasan tidak membuat blog! Ayo, buat dan desain sendiri blogmu sekarang dan lebarkan sayap untuk menebar manfaat!

Info Kerjasama. Silakan kontak klik link Kontak Litadelapan atau klik link WhatsApp

Open chat
1
Hola!
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ada yang bisa saya bantu?

Silakan tinggalkan pesan dan mohon menunggu beberapa saat.